M.Pd., Dra. Nur Hasanah, (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS PADA SANTRI DI PONPES AL BAHRONIYYAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK DAN PONPES AL MANAR KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG (PENELITI: NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH}.
Text
NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH-LAP PENELITIAN 2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan seksual merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan informasi serta membentuk perilaku, keyakinan, identitas, ikatan dan keintiman. Pembahasan pertumbuhan seksual, konsep tubuh, kesehatan reproduksi, hubungan interpersonal, dan peran gender merupakan pembahasan yang berkaitan dengan pendidikan seksualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan seks pada Santri di Ponpes Al Bahroniyyah Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak dan Ponpes Al Manar Desa Bener, Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara , dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi di dalam dua pondok pesantren tersebut, dilakukan secara bertahap: Para santri sudah baligh, memberikan pembekalan dikelas persiapan diajarkan Bahasa, dan fiqih dan memberikan pembekalan tentang etika pergaulan. Sebagai solusi untuk mengatasi hambatan dalam pendidikan seks di pondok pesantren AL Bahroniyyah Demak dan Al Manar Tengaran, kedua pondok pesantren tersebut memiliki beberapa aturan-aturan tertulis yang harus di perhatikan oleh para santri. Dari aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pondok pesantren tersebut, akan ditempel diberbagai tempat baik di aula, kamar-kamar santri dan kelas. Setiap tata tertib yang dilanggar akan mendapatkan sanksi, tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Seks, Santri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 10:55 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 10:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17035 |
Actions (login required)
View Item |